RAPAT EVALUASI PENGEMBANGAN PENDAPATAN DAN HASIL MONITORING EVALUASI TAHUN 2019
RAPAT EVALUASI PENGEMBANGAN PENDAPATAN DAN HASIL MONITORING EVALUASI TAHUN 2019
RAPAT EVALUASI PENGEMBANGAN PENDAPATAN DAN HASIL MONITORING EVALUASI TAHUN 2019
RAPAT EVALUASI PENGEMBANGAN PENDAPATAN DAN HASIL MONITORING EVALUASI TAHUN 2019

RAPAT EVALUASI PENGEMBANGAN PENDAPATAN DAN HASIL MONITORING EVALUASI TAHUN 2019

Serang, 30 Januari 2020 : Badan Pendapatan Daerah Provinsi Banten hari ini melakukan Rapat Evaluasi Pengembangan Pendapatan dan Hasil Monitoring Evaluasi Tahun 2019 bertempat di Aula Bapenda Provinsi Banten, dengan tujuan mengakumulasi masukan-masukan baik dari bidang maupun UPTD PPD di lingkungan Bapenda Provinsi Banten beserta koreksi/catatan/evaluasi hal-hal yang menjadi bahan perbaikan dari tahun 2019 untuk dapat di perbaiki pada tahun 2020 untuk seluruh kegiatan baik pelayanan maupun ketersediaan sarana dan prasarana.

Dalam sambutannya Kepala Bapenda Bapak H. Opar Sohari yang sekaligus membuka acara tersebut mengingatkan bahwa agar tupoksi pada IKU (Indikator Kinerja Utama) untuk meningkatkan kinerja secara intens yang terus dilakukan, baik itu pendataan, penelusuran data Kendaraan Belum Melakukan Daftar Ulang (KBMDU), serta sarana dan prasarana penunjang pelayanan di lingkungan Bapenda Provinsi Banten. Selain itu adanya intruksi pimpinan (Sekretaris Daerah) dalam membuat Surat Perintah Tugas (SPT) untuk Eselon II yang menandatangani langsung oleh Gubernur Banten, Eselon III ditandatangani langsung oleh Sekretaris Daerah, selain itu evaluasi kehadiran pegawai yang terus dipantau sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS), diatur mengenai pemberian sanksi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terbukti sering bolos kerja.

Acara ini dihadiri oleh seluruh Pejabat Struktural baik Eselon III dan Eselon IV di lingkungan Badan Pendapatan Daerah Provinsi Banten, yang secara komperhensif memberi masukan dari berbagai bidang mulai dari percepatan Realisasi Barang Daerah baik yang melalui e-catalog yang masih dalam proses pengadaan barang dan jasa, sarana prasarana yang segera direalisasikan sesuai perencanaan kegiatan pada APBD TA 2020.

Hal yang menjadi evaluasi adalah sebagai berikut :

  1. Mengkaji ulang data (Inventarisisr) data-data potensi tunggakan pajak sesuai data KBMDU;
  2. Validasi data KBMDU yang semula 5.000.000 (Lima Juta) kendaraan yang menunggak pajak menjadi 5,2 Juta data kendaraan yang menunggak pajak;
  3. Menurut data yang disampaikan Kementerian Dalam Negeri RI, bahwa Pemerintah Provinsi Banten pada tahun 2018 mempunyai tingkat kemandirian yang sangat baik yaitu peringkat ke-2 secara nasional;
  4. Razio target Pendapatan Asli Daerah Provinsi Banten terhadap target Pendapatan Daerah Provinsi Banten dari tahun 2017 sampai dengan 2019 semakin meningkat, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kemandirian Pemerintah Provinsi Banten dalam hal pemberdayaan daerah sudah sangat baik.

Diharapkan melalui kegiatan ini Badan Pendapatan Daerah Provinsi Banten dapat selalu menjaga eksistensi dan intergritas bahkan menjadi lebih baik lagi menjalankan tugas pokok membantu gubernur dalam hal meningkatkan Pendapatan Daerah Provinsi Banten.